Memasak Kue Akar Kelapa / Akar Ali-Ali Anti Ribet

Kue Akar Kelapa / Akar Ali-Ali. Sebutannya muncul karena bentuk kue yang mirip dengan akar pohon kelapa. Tenang saja, bentuk unik ini tidak dibuat secara manual. Tapi dibentuk dengan cetakan kue khusus yang sangat mudah didapatkan di pasaran dan sangat terjangkau harganya.

Kue Akar Kelapa / Akar Ali-Ali Saat ini kota Bekasi merupakan produsen terbesar kue akar kelapa yang kini di kreasikan dengan keju. Namun karena seiring dengan perkembangan zaman. Terima Kasih telah menonton video-video saya ,jangan lupa di subscribe,Like dan Share yah ,Karna subscribe dari kalian yang membuat saya semangat terus. Cara membuatnya tidak sulit Kue Akar Kelapa / Akar Ali-Ali menggunakan 6 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Kue Akar Kelapa / Akar Ali-Ali

  1. Dibutuhkan 500 gram tepung ketan.
  2. Dibutuhkan 100 gram tapioka.
  3. Siapkan 140 gram gula.
  4. Siapkan 200 ml santan (+air).
  5. Siapkan 1 butir telur.
  6. Dibutuhkan Secukupnya garam & vanily.

Kue akar kelapa adalah kue kering yang berasal dari Betawi dan sekitarnya. Kue ini umumnya disajikan bersama rengginang dan kacang goreng saat acara spesial, seperti ketika lebaran atau hajatan. Rasa dari kue akar kelapa ini manis bercampur gurih. Orang Betawi biasanya menyantap kue akar kelapa sebagai camilan untuk teman minum teh atau kopi hangat di sore hari.

Cara Pembuatan Kue Akar Kelapa / Akar Ali-Ali

  1. Campurkan santan hangat, gula, dan garam, aduk2 sampai gula larut, sisihkan. Kocok lepas telur..
  2. Dalam wadah lebar campurkan tepung ketan, tapioka, dan vanily, aduk rata. Masukan santan dan telur, uleni rata. Tambah air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa di bentuk dan tidak keras..
  3. Panaskan minyak cukup banyak dengan api sedang cenderung kecil. Cetak langsung kue akar kelapa di atas minyak. Bila sudah banyak, naikan api, aduk2 masak hingga kecoklatan. Klo tidak panas, kue tdk begitu garing. Angkat dan tiriskan di atas koran..
  4. Setelah dingin bisa di simpan dalam wadah rapat, garing dan enak😄.

Sebagai informasi tambahan, kue cincin juga bisa ditemui di daerah Bandung dengan sebutan kue ali agrem. Resep kue akar kelapa telah diajarkan secara turun temurun di keluarga-keluarga Betawi. Sayangnya, kue yang biasanya disandingkan dengan kacang goreng ini semakin sulit ditemukan. Kue akar kelapa masuk dalam jajaran kue kering terfavorit di tanah air. Kue ini seringkali dikonsumsi sebagai camilan ketika bekerja, menerima tamu, dan bahkan di beberapa acara penting.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel